Jumat, 24 Juni 2011

5 Langkah Mengetahui Tujuan Hidup

Banyak dari kita yang menghabiskan seluruh hidup kita mencari tujuan hidup kita sendiri, lalu kemudian meninggal sebelum mencapai hal-hal yang berarti dan dipenuhi dengan rasa penyesalan. Saya tidak ingin mempunyai kehidupan yang seperti itu. Saya tahu saya tidak akan menemukan jawabannya mencari di berbagai sumber di kehidupan ini, saya harus mencarinya dari dalam diri saya sendiri. Dan, sayapun harus membedakannya dari impian-impian belaka, bahwa ini benar-benar saya inginkan terjadi dalam hidup saya. Berhentilah mencari, tetapkanlah!

Seperti kata Steven Covey dalam bukunya 7 Habits of Highly Effective People, “Keep the end in mind” dimana kita dianjurkan untuk selalu membayangkan hasil akhir di benak kita sendiri. Banyak latihan yang Anda bisa lakukan untuk mendapatkan jawaban ini, tetapi favorit saya adalah metode dari Steve Pavlina, karena menurut saya sangat mudah dan praktikal. Di dalam artikelnya, Steve Pavlina menganjurkan salah satu cara adalah dengan duduk dan menuliskan semua hal yang keluar di benak Anda ketika Anda menanyakan pertanyaan “Apa tujuan hidup saya di dunia ini?” Ia menganjurkan untuk terus menulis sampai Anda menangis, dan itulah jawabannya. Lalu, saya pun mencobanya. Saya tidak menangis, tetapi saya mendapatkan jawaban yang bisa membuat saya tersenyum dan memberikan rasa lega. Sampai sekarang pun, kalimat itu yang selalu dapat memberikan saya motivasi.

Jadi, ini yang saya lakukan:

1. Buat suasana yang relax dan tanpa gangguan

Artinya matikan TV, menyendirilah, cari tempat dimana Anda bisa benar-benar konsentrasi pada diri anda sendiri. Pasanglah musik yang tenang yang memberikan Anda rasa nyaman, tenang dan bahagia. Lalu siapkan kertas, buku atau komputer Anda untuk mulai menulis. Saya lebih suka memakai komputer karena saya bisa mengetik lebih cepat. Lalu persiapkan waktu Anda kurang lebih 30 menit tanpa gangguan

2. Tuliskan dan tanyakan diri Anda: Tujuan hidup saya adalah…

3. Buat daftar sepanjang mungkin

Lalu, coba jawab pertanyaan tersebut. Gunakanlah kalimat-kalimat yang singkat dan benar-benar keluarkan semua yang Anda pikirkan. Gunakan pertanyaan-pertanyaan ini untuk membantu Anda:

Bagaimana Anda ingin dikenal suatu hari nanti?
Apa yang ingin Anda capai?
Hal-hal apa yang ingin Anda lakukan dalam hidup ini?

Jangan pikirkan berbagai halangan dan hambatan, fokuskan kepada kehidupan yang ideal yang Anda inginkan. Ini contoh daftar yang saya buat:

Menjadi orang yang baik
Menjadi pembicara yang profesional
Menjadi milyuner
Memiliki perusahaan sendiri
Memiliki rumah/hotel untuk orang yang tidak mampu
Memiliki YMCA untuk anak-anak yang tidak mampu
Memberikan harapan dalam orang lain
Dapat memberikan kesempatan kepada orang lain untuk menjadi lebih
Mengeluarkan yang terbaik dari diri saya dan orang lain
Menjadi istri, ibu, anak, teman dan saudara yang baik
Sukses
Seorang wanita yang benar-benar menggunakan semua potensinya
Dengan membuat dan memberikan kesempatan kepada orang lain
Untuk mencintai tanpa batas
Untuk memberi tanpa batas
Untuk hidup tanpa batas
Untuk mencintai, memberi dan hidup tanpa batasan
Membantu diri sendiri dan orang lain mengembangkan semua potensinya
Tidak hanya hidup setiap hari seperti hari terakhir
Untuk terus dipenuhi dengan cinta, kebijakan, kebahagiaan dan kesejahteraan

Dan terus, dan terus, dan terus…

4. Jangan berhenti atau putus asa

Proses ini bisa memakan waktu sesingkat dari 10 menit ataupun sampai 1 jam. Untuk beberapa orang, mungkin membutuhkan beberapa kali sampai mereka benar-benar puas. Bersabarlah, karena semua itu membutuhkan proses, dan pastikan bahwa Anda benar-benar memfokuskan diri kepada diri Anda dan kehidupan seperti apa yang benar-benar Anda inginkan. Lakukan sampai Anda bisa membaca kalimat yang Anda tulis berkali-kali dan kalimat itu memberikan Anda rasa nikmat sampai Anda tersenyum ataupun menangis.

5. Tuliskan tujuan hidup Anda di tempat yang Anda bisa baca setiap hari.

Pada akhirnya, Anda akan menemukan sebuah kalimat yang bisa mengingatkan Anda setiap harinya apa tujuan hidup Anda di dalam hidup ini sebagai dasar untuk semua hal yang Anda ingin lakukan dalam hidup ini. Saya tidak hanya menuliskannya di hp dan komputer saya, tetapi juga di website ini dan dalam doa agar alam semesta bisa mendengar dan mendekatkan tujuan hidup saya kepada saya.

Akhirnya, ini yang saya dapatkan:

My purpose in life is:
to uncover and intensify the powerful spirit in myself and others
to be filled with love, wisdom, happiness and prosperity
to love, give and live abundantly
and to appreciate and embrace the beauty of today

Tujuan hidup saya adalah:
menemukan dan memperkuat kekuatan spirit di dalam diri saya dan orang lain
memenuhi diri saya dengan cinta, kebijaksanaan, kebahagiaan dan kemakmuran
mencintai, memberikan dan hidup tanba batasan
juga menikmati dan berterimakasih atas keindahan hari ini

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | WordPress Themes Review